Tuesday, November 23, 2010

KIMIA ITU ASYIK

Kimia adalah salah satu pelajaran yang banyak ditakuti siswa SMU. Namun tanpa kita sadari, sebenarnya setiap hari kita menemukan reaksi kimi dalam kehidupan kita sehari-hari. Kita bernapas menggunakan oksigen (O2), kita minum air  yang rumus kimianya H2O, juga seperti istilah anak muda... hidup tanpa cinta bagaikan sayur tanpa garam... berarti untuk memasak kita biasa menggunakan garam yang dalam kimia disebut natrium clorida (NaCl), dan masih banyak contoh lainnya. Oleh karena itu belajar kimia erat kaitannya dengan kehidupan kita sehari-hari. Cuma kadang-kadang metode penyajian guru disekolah yang monoton membuat siswa tidak tertarik untuk belajar kimia. Salah satu cara untuk membuat kimia bisa menarik yaitu mengimbangi teori dengan praktek.

        Ilmu kimia adalah ilmu yang berlandaskan eksperimen, oleh karena itu pembelajaran kimia disekolah harus disertai dengan kegiatan di dalam laboratorium. Salah satu sasaran praktikum sains adalah menuntun dan melatih siswa untuk berpikir dari konkrit ke abstrak. Dalam pembelajaran kimia, eksperimen, deskripsi dan teori dipadukan dan saling berkaitan. Dalam hal tertentu, eksperimen digunakan untuk melihat persoalan dan mengembangkan pola konsep serta teori, namun bukan untuk mengilustrasikan teori yang sudah diajarkan.
        Permainan kimia merupakan salah satu metode yang akhir-akhir ini mendapat perhatian dari para guru dan ahli pendidikan kimia, selain daripada itu para ahli kimia dan ahli pendidikan kimia turut bertanggungjawab untuk mengkomunikasikan ilmu kimia kepada masyarakat luas. Masyarakat luas perlu diberi informasi tentang zat-zat kimia, sifat, kegunaan dan pengamanannya, sehingga masyarakat dapat memahami dunia kimia kita ini. Hal termudah untuk ini dapat dilakukan melalui demonstrasi kimia.
Guru-guru didaerah terpencil sering mengeluhkan sulitnya mendapatkan alat dan bahan kimia untuk dipraktekkan oleh siswa. Namun harus diketahui, jika kita kesulitan untuk mendapatkan alat dan bahan kimia buatan pabrik yang harganya mahal, kita bisa saja menggunakan barang-barang sederhana yang ada disekitar kita, misalnya cuka, soda kue, pewarna makanan, kamper, garam dapur, dll.
        Berkaitan dengan topik diatas, dalam rangka memeriahkan anniversario departemen kimia, Universitas Nasional Timor Lorosae (UNTL) yang ke-8, semua civitas akademik departemen tersebut baik dosen dan mahasiswa dibawah koordinator dosen pembimbing kemahasiswaan ibu Anny de Rozari Guterres menggadakan berbagai kegiatan untuk memeriahkan acara tersebut, salah satunya yaitu mengundang bapak Prof. Hiskia Ahmad dan DR. Yunita dari ITB Bandung untuk mengadakan demo kimia di UNTL.
        Kegiatan demo kimia ini terbuka untuk semua kalangan yang berminat dengan kimia, dan diadakan di halaman depan kampus UNTL Dili. Kegiatan demo ini mendapat respon baik dari sekolah-sekolah baik dari tingkat SD sampai SMU yang ada dikota Dili terbukti dengan banyaknya siswa dan guru yang hadir.
        Untuk menyukseskan acara ini, Himpunan Mahasiswa Jurusan kimia (HMJ) seksi demo kimia, selama dua hari berturut-turut melakukan gladi dibawah koordinator lansung Prof. Hiskia Ahmad.  Karena beberapa hal yang penting yang harus diperhatikan dalam demo kimia yaitu :
*    Mempersiapkan bahan-bahan untuk demonstrasi dengan baik dan cermat.
*    Melakukan eksperimen/uji coba sebelum demonstrasi dijalankan untuk umum.
*    Mengetahui sasaran dari demonstrasi yang dilakukan
*    Memperhatikan faktor-faktor keselamatan dan keamanan.
*    Siswa/mahasiswa dilibatkan dalam kegiatan.
Akhirnya dengan penuh perjuangan demo kimia tersebut sukses dijalankan dengan melakukan 20 percobaan kimia diantaranya yaitu gunung kimia, bola kamper yang pandai, ular kimia, telur seksi, peniup balon ajaib, dll.
Kegiatan aniversario kimia ditutup dengan makan bersama yang diisi dengan pemotongan kue ulang tahun, penyerahan piala kepada juara pertandingan olahraga dan lomba olimpiade kimia, dan penyerahan cindera mata kepada Prof. Hiskia dan DR. Yunita yang sudah membantu kelancaran dan kesuksesan acara ini



Maju terus dan buktikan kepada semua orang bahwa kimia itu aaasssyyyiiikkk!!